Home ARTIKEL UMUM

Resensi Buku:Jelang 130 Tahun Peradilan Agama

Resensi Buku:

Jelang Puncak Acara Peringatan 130 Tahun Peradilan Agama Dr. H. Chatib Rasyid,SH., MH. Persembahkan Karya Kepada Pembaca Setia Badilag.Net

 

Judul

:

Akibat Hukum Terhadap Anak Luar Kawin Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi, Kajian Yuridis Terhadap Putusan MK No. 46/PUU-VIII/2010.

Pengarang

:

Dr. H. Chatib Rasyid, SH,. MH dkk.

Sambutan

:

Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH., MH.

Penerbit

:

Total Media, Jl. Nyai Ahmad Dahlan (Gerjen) No. 62 Yogyakarta 55262. Faks/telp 0274-375314

CP. Sobirin Maliyan 081328020464.

Tahun Terbit

:

2012

Cetakan I

:

September, 2012

Tebal Halaman

:

xii+158; 23x16 cm

Read more: Resensi Buku:Jelang 130 Tahun Peradilan Agama

Tekor Moral Pengadilan Tipikor

Tekor Moral Pengadilan Tipikor *)

Oleh : Achmad Fauzi **)

 

Isu sangit merebaknya jual beli hukum dan degradasi integritas oknum pengadil di pengadilan tipikor menggiring opini publik pada satu rumusan masalah: Benarkah pengadilan tipikor mengalami pembusukan? Aroma memualkan semakin tajam tercium tatkala Indonesia Corruption Watch (ICW) dalam penelusurannya menemukan rekam jejak 84 hakim tipikor yang terindikasi melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim. Bentuk pelanggaran tersebut terklasifikasi dalam tiga aspek dan telah dilaporkan secara tertulis kepada Mahkamah Agung (MA) maupun Komisi Yudisial (KY) untuk ditindak(lanjuti).


Untuk selengkapnya silahkan Anda klik DISINI


*) Artikel ini dimuat di Harian Jawa Pos tanggal 13 September 2012

**) Hakim Pengadilan Agama Kotabaru, Kalimantan Selatan; penulis buku “Pergulatan Hukum di Negeri Wani Piro”

Delapan Golongan yang Berhak Menerima Zakat

DELAPAN GOLONGAN YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT

Sasaran Alokasi (Masharif) Zakat

 Ketika Allah SWT mewajibkan kepada umat Islam yang kaya (Aghnia) untuk membayar zakat, Allah juga menentukan sasaran alokasi yang berhak menerima zakat. Masalah ini manusia tidak dibiarkan berijtihad atau berkreasi sendiri untuk menentukan pihak-pihak yang berhak. Karena masalah harta adalah masalah yang sangat sensitif dan dapat menimbulkan ajang pertumpahaan darah jika tidak ditentukan langsung secara jelas oleh Allah SWT. Hal yang sama juga terjadi pada masalah hukum waris.

Untuk melihat artikel selengkapnya, silahkan klik DISINI

Mengalahkan Jago Gulat Arab

 Mengalahkan Jago Gulat Arab*

Oleh: H. Jojo Suharjo

Masyhur sekali di Mekkah nama Rukanah sebagai seorang kuat dan tegap badannya. Hampir tidak ada yang tidak kenal kepadanya karena sangat kuat. Jarang orang yang berani menghadang dan menghadapinya. Iapun bangga pula dengan kekuatannya ini, malah dia berani mencari lawannya. Dalam istilah sekarang disebut: jago gulat ulung!

Nabi s.a.w. pun mengetahui akan kekuatan Rukanah ini, namanya cukup pula menjadi pembicaraan orang banyak. Jika dia dapat diajak masuk islam sudah tentu besar pengaruhnya. Sebab itu beliau ingin melakukan da’wah kepadanya. Sudah tentu tidak seperti da’wah kepada tokoh dan pemuka Qureisy, harus dengan caranya pula.

Pada suatu kali datanglah kesempatan itu dan Nabi s.a.w. mencoba mempergunakannya dengan baik. Diharapkan berhasil sesuai dengan yang dicita-citakan hendaknya.

Read more: Mengalahkan Jago Gulat Arab