Home BERITA

Bedah Berkas Pengadilan Agama Rembang

BEDAH BERKAS PENGADILAN AGAMA REMBANG

Dipagi yang cerah dan sejuk hari Jum’at tanggal 25 Mei 2012 bertempat di rumah makan Mr.Green Blora, acara Pembinaan Pengadilan Agama dilingkungan PTA Semarang untuk Wilayah askor IV telah dilaksanakan kegiatan bedah berkas yang diikuti oleh tiga Pengadilan Agama yaitu Pengadilan Agama Pati, Rembang dan Blora sebagai tuan rumah, acara pembinaan yang dikemas dengan bedah berkas ini dimulai pukul 08.00 dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pencari keadilan dan sebagai penyempurna dalam proses tugas pokok dan fungsi Pengadilan, sekaligus sebagai evaluasi terhadap hukum acara dan administrasi persidangan;


Mewakili selaku tuan rumah Drs. H.Anis Fuadz,SH (Ketua Pengadilan Agama Rembang) dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Yang Mulia Bapak Drs. H. Mudjtahidin,SH.MH., Hakim Tinggi masing-masing Yth Bapak Drs.H. Djamhuri Ramadhan,SH dan Yth. Ibu Dra.Hj.Faizah serta Drs. Kurniawan Effendi Putra,SH. Selaku pejabat kepaniteraan PTA Semarang. juga para peserta bedah berkas yang terdiri dari semua Hakim dan pejabat kepaniteraan berjumlah 50 peserta yang kami hormati juga.

Lebih lanjut KPA Rembang menyampaikan bahwa kegiatan bedah berkas ini dilaksanakan dengan harapan ada hal-hal baru yang dapat memperbaiki tugas pokok dan fungsi pengadilan, meski beberapa waktu yang lalu kegiatan serupa yaitu bedah berkas pernah dilakukan di Pengadilan Agama Pati, sekarang ini mudah-mudahan dapat menyempurnakan tugas kita sebagai aparat Peradilan.

Dengan semangat para peserta yang tampak ceria dan dengan semangat reformasi birokrasi, kami mengajak semua peserta yang hadir setelah selesainya acara ini agar kita siap menerima perubahan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya mohon kepada Wakil Ketua PTA Semarang berkenan memberikan bimbingan dan membuka secara resmi acara bedah bekerkas ini.

 

Tepat pukul 08.30 Wib. Acara pembinaan yang dikemas dengan bedah berkas dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Yth. Bapak Drs. H. Mudjtahidin,SH.MH., dalam sambutannya dan dengan gaya khasnya didukung dengan tempat yang representatif rumah makan Mr. Green Blora, beliau memberikan sambutan sambil berjalan menghampiri satu persatu peserta  dengan menyapa seraya mengatakan siapkah anda mengikiuti acara ini ? Fahamkah dengan kegian ini? Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa PTA bertekat mewujudkan transparansi reformasi birokrasi dengan tujuan memberikan motifasi sepanjang pejabat dan aparatnya mempunyai semangat yang tinggi berupaya meningkatkan diri di askornya masing-masing.

Harapan beliau, setiap satker agar selalu mengadakan diskusi eksaminasi berkas dari ketua satker yang bersangkutan agar tidak terjadi kesalahan dan kemrosotan.

Seusai membuka acara tersebut beliau berjabatan tangan sambil menghampiri semua peserta satu demi satu dengan genggaman tangan penuh harapan dan menyalami dengan salaman keakraban n persahabatan, seraya mengatakan peserta semuanya baik dan pintar-pintar.

 

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan bedah berkas dari masing-masing Pengadilan Agama dengan model seperti ini :

  1. Berkas PA Blora ditanggapi, diulas dan dikritisi oleh PA Pati;
  1. Berkas PA Pati ditanggapi, diulas dan dikritisi oleh PA Rembang;
  2. Berkas PA Rembang ditanggapi, diulas dan dikritisi oleh Blora Pati;

 - Tampil pada sesi pertama adalah PA Blora yang menanggapi berkas yang dibahas oleh PA Pati menyajikan berkas perkara Nomor 1210/Pdt.G/2011/PA.Bla, bertindak sebagai Penyaji Drs. Samarul Falah,MH dan Juru Bicara Drs. Sutiyo,SH

- Kemudian PA Pati yang menanggapi berkas yang dibahas oleh PA Rembang menyajikan berkas perkara Nomor 0552/Pdt.G/2011/PA.Pt. bertindak sebagai Penyaji Drs.Abdul Ghofur,MH dan Juru Bicara Drs. Yusuf,SH

- Pada sesi terakhir PA Rembang yang menanggapi berkas yang dibahas oleh PA Blora menyajikan berkas perkara Nomor 0254/Pdt.G/2011/PA.Rbg bertindak sebagai Penyaji Drs.Sukarno,SH dan Juru Bicara Drs. H.Tashin dan didukung oleh Peserta dari Pengadilan Agama Rembang antara lain :

  1. Drs. H. Anis Fuadz, SH.      Ketua
  2. Drs. Abdul Syukur, AS.        Wakil Ketua
  3. Drs. Sukarno,SH.                Hakim
  4. Drs. MA. Suhadi                   Hakim
  5. Drs.H.Abu Amar                   Hakim
  6. Drs.H.Tashin                        Hakim
  7. Drs.Ali Ahmadi.                    Hakim
  8. Drs.H.Maskur                       Panitera/Sekretaris
  9. Hensri Handayani,SH         Wakil Panitera
  10. Nur Ngafif,SH                       Panitera Muda Hukum
  11. H.Saerozi,SH.                       Panitera Muda Gugatan
  12. Kusnan,SH                           Panitera Muda Permohonan
  13. Kastari,SH                            Panitera Pengganti
  14. Mahmudi,S.Ag.                     Kasir
  15. Ali Imron,SH.                        Jurusita Pengganti

Para peserta sangat antusias, bersemangat dan terasa hidup antara penyaji dan para peserta lain yang hadir pada acara tersebut masing-masing mengajukan pendapat dan argumentasinya dan diakhiri dengan pendapat nara sumber dari Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

Acara diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Drs. H.Muhakam Hakim Pengadilan Agama Blora.

(HM).

 

Pelantikan Pansek dan JSP

PELANTIKAN PANSEK DAN JSP PENGADILAN AGAMA REMBANG

REMBANG -  Pada tanggal 3 April 2012 pukul 13.00 WIB, Ketua Pengadilan Agama Rembang menyumpah jabatan dan melantik Panitera/Sekretaris dan Juru Sita Pengganti.  Pejabat yang baru dilantik menjadi Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama bernama Drs. H. Maskur yang semula menjabat Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Demak menggantikan Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Rembang yang lama. Sebaliknya Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Rembang yang lama bernama Kusnadi, SH mendapat tugas menjadi panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Demak. Sedangkan untuk pejabat yang baru disumpah dan dilantik menjadi Juru Sita Pengganti Pengadilan Agama Rembang bernama Kastari, SH dengan pangkat/golongan ruang: Penata (III/c) Jabatan: Panitera Pengganti Pengadilan Agama Rembang. Sumpah Jabatan dan Pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Agama Demak beserta segenap jajarannya. Panitera/Sekretaris dilantik oleh Ketua Pengadilan Agama Rembang berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI nomor: 0078/DJA/KP.04.6/SK/II/2012 tertanggal 6 Februari 2012, dan Juru Sita Pengganti dilantik berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Rembang nomor : W.11-A.18/386/KP.04.6/III/2012 tertanggal 15 Maret 2012.

Acara dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan, kemudian pengambilan sumpah jabatan oleh Ketua Pengadilan Agama Rembang kepada kepada Drs. H. Maskur sebagai Panitera/Sekretaris dan Kastari, SH sebagai Juru Sita Pengganti. Dilanjutkan penandatanganan berita acara Pengambilan Sumpah Jabatan oleh kedua Pejabat yang baru disumpah jabatan tersebut, 2 (dua) orang saksi, rohaniwan dan Ketua Pengadilan Agama Rembang. Kemudian dilanjutkan dengan Pelantikan, dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Terima Panitera/Sekretaris.

Setelah Penanda tanganan Berita Acara Serah Terima Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Rembang selesai, Drs. H. Maskur memperkenalkan diri dengan didampingi istri. Dalam perkenalan dirinya, Drs. H. Maskur berharap ke depan semua jajaran kepaniteraan dan kesekretariatan Pengadilan Agama Rembang dapat bekerja sama dan saling koordinasi dan juga memohon bimbingan dari Bapak Ketua, Wakil Ketua dan Hakim agar menghasilkan kinerja yang optimal. Acara dilanjutkan dengan sambutan Bapak Ketua Pengadilan Agama Rembang Drs. H. Anis Fuadz, SH. Dalam Sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Rembang mengucapkan selamat kepada Panitera/Sekretaris dan Juru Sita Pengganti yang baru dilantik. Beliau berharap kepada kedua pejabat tersebut, agar dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai Abdi Negara dengan sebaik-baiknya sehingga dapat meningkatkan kinerja Pengadilan Agama Rembang. Pelantikan Juru Sita Pengganti dalam rangka pengisian dan pemerataan jabatan pada Pengadilan Agama Rembang.

Akhirnya, acara tersebut ditutup dengan do'a dan ucapan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik.

Latih Tanding PTWP Cabang Pati

LATIH TANDING BERSAMA PTWP CABANG PATI

 

Jumat pagi 29 Juni 2012 Pengadilan Agama Rembang mendapatkan kehormatan dari PTWP Cabang Pati sebagai tuan rumah untuk melaksanakan Latihan Tenis Bersama yang diikuti oleh seluruh Pengadilan Negeri se eks Karesidenan Pati antara lain Pengadilan Agama Kudus, Jepara, Pati, Rembang dan Blora, Sejak pukul 05.30 Wib sudah terlihat panitia pelaksana dengan penuh semangat mempersiapkan segala sesuatunya di Lapangan Tenis Pemda Rembang tersebut. Latih tanding kali ini merupakan lanjutan dari kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali oleh PTWP Cabang Pati dengan tempat bergiliran. Kali ini Pengadilan Agama Rembang dipercaya sebagai tuan rumah;
Acara ini dilaksanakan mulai pagi hari di lapangan tenis milik Pemda Kabupaten Rembang  yang dibuka oleh Ketua PTWP cabang Pati pada Jumat pagi, dalam hal ini bertindak sebagai Komandan Upacara Pembukaan , Ali Imron SH Wakil Sekretaris Pengadilan Agama Rembang.
Tepat pukul 07.00 Wib upacara pembukaan dimulai, bertindak sebagai Komandan Upacara Ali Imron,SH Wakil Sekretaris Pengadilan Agama Rembang dan pembawa acara Ibu Safaah setelah dibuka dengan bacaan Basmalah, kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pengadilan Agama Rembang selaku tuan rumah pelaksanaan Tenis bersama ini.


Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Rembang, Drs. H.Anis Fuadz,SH menyampaikan Ahlan wa sahlan bi khudlurikum, selamat datang kepada tim PTWP cabang Pati. Beliau menyampaikan bahwa latih tanding ini merupakan sarana silaturrokhim dan sekaligus pengembangan bakat dalam bertenis dan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan dalam bermain bagi anggota tim tenis yang ada pada Pengadilan Agama masing – masing di wilayah eks karesidenan Pati, terutama bagi tim inti PTWP cabang Pati yang telah dipersiapkan untuk latih tanding bersama ini. Dalam latih tanding ini bukan mencari kemenangan akan tetapi diharapkan kita bisa mendapatkan hal yang baru untuk kemajuan tim tenis. Kemudian di akhir sambutannya Bapak Ketua Pengadilan Agama Rembang mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan partisipasinya kepada seluruh peserta latih tanding, dan mohon maaf upaya maksimal yang telah dilakukan namun kekurangan masih tetap ada..

 Dalam kesempatan yang sama Ketua PTWP cabang Pati Bapak H. Malik Ibrahim, SH. MH menyampaikan bahwa kegiatan latih tanding PTWP yang dilaksanakan secara rutin setiap tiga bulan sekali ini merupakan wadah untuk mempererat silaturahmi antar Pengadilan Agama se eks-karesidenan Pati. Kegiatan latih tanding kali ini sebenarnya akan lebih cocok dengan istilah “latihan bersama” karena dengan latihan bersama  kita bisa berbagi ilmu dengan tim yang ada di di masing-masing timnya, dengan harapan kita nantinya mendapatkan ilmu yang baru dan menjadi lebih baik lagi, tutur Ketua Pengadilan Agama Jepara ini. Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Pengadilan Agama Rembang, beliau juga menyampaikan bahwa latihan bersama ini juga sebagai ajang “silaturrakhim” dan juga untuk mengetahui seberapa jauh peta kemampuan tim PTWP cabang Pati yang telahdipersiapkan bersama, Kemudian Ketua PTWP cabang Pati secara resmi membuka kegiatan latih tanding ini, acara ditutup dengan do’a oleh Bapak Sukarno, Hakim Pengadilan Agama Rembang.
Latihan bersama kali ini diikuti  Tim Putra dan Tim Putri .Menurut Ketua PTWP Cabang Pati menyatakan bahwa latihan bersama ini merupakan program rutin dari pengurus PTWP Cabang Pati. Adapun tujuannya latih tanding bersama ini sambung Ketua PTWP  disamping untuk menjaga kesehatan, juga  dalam rangka meningkatkan prestasi permaian, mencari bibit-bibit baru yang berbakat serta meningkatkan silaturahmi antar warga Pengadilan Agama khususnya se – wilayah Koordinator Pati.

Latihan bersama kali ini diikuti  Tim Putra dan Tim Putri .Menurut Ketua PTWP Cabang Pati menyatakan bahwa latihan bersama ini merupakan program rutin dari pengurus PTWP Cabang Pati. Adapun tujuannya latih tanding bersama ini sambung Ketua PTWP  disamping untuk menjaga kesehatan, juga  dalam rangka meningkatkan prestasi permaian, mencari bibit-bibit baru yang berbakat serta meningkatkan silaturahmi antar warga Pengadilan Agama khususnya se – wilayah Koordinator Pati.
Latihan bersama kali ini diikuti  Tim Putra dan Tim Putri .Menurut Ketua PTWP Cabang Pati menyatakan bahwa latihan bersama ini merupakan program rutin dari pengurus PTWP Cabang Pati. Adapun tujuannya latih tanding bersama ini sambung Ketua PTWP  disamping untuk menjaga kesehatan, juga  dalam rangka meningkatkan prestasi permaian, mencari bibit-bibit baru yang berbakat serta meningkatkan silaturahmi antar warga Pengadilan Agama khususnya se – wilayah Koordinator Pati.


Cuaca yang sangat panas membuat para peserta latih tanding PTWP Cabang Pati ini tambah bersemangat, suara riuh penontonpun menambah rame dan hangatnya pertandingan.
Sehabis ibadah Sholat Jum’at dan setelah menikmati hidangan makan siang dengan minuman khas Rembang Legen dan latih tanding diteruskan sampai pukul 14.30.


Dengan adanya kegiatan tennis ini diharapkan dapat menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan bugar, sehingga akan dapat menopang tugas sehari-hari sebagai hakim dan pegawai di Pengadilan Agama Rembang. Selain untuk membina fisik/jasmani, tentunya dengan diadakannya latihan bersama seperti ini akan dapat menambah teknik permainan serta untuk lebih mempererat silaturrahim.
Dalam akhir kegiatan latih tanding bersama ini, ditutup dengan do’a dan Pemberian hadiah bagi para Juara latih tanding tersebut dan Alhamdulillah, semua peserta menyatakan bahwa pelaksanaan ini berjalan dengan baik dan sukses serta peserta dalam keadaan sehat. Dan Insya Allah Ketua PTWP latihan bersama ini patut untuk dilanjutkan pada hari yang akan datang dan Pengadilan Agama Blora siap untuk menjadi tuan rumahnya.



 

Rapat Rutin Evaluasi Intern

 RAPAT RUTIN EVALUASI INTERN

Hari Senin sampai dengan Kamis Pengadilan Agama Rembang digunakan untuk melaksanakan sidang yaitu memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama islam di bidang Perkawinan, Waris, Wasiat, Hibah, Wakaf, Infaq, Shodaqoh dan Ekonomi Syari’ah, sebagai konsekwensi melaksanakan tugas pokok dan fungsi Pengadilan, sementara hari jum’at digunakan untuk rapat-rapat koordinasi baik dengan Pengadilan Agama diwilayah eks Karesidenan Pati, maupun kegiatan lainnya, bertempat di ruang Sidang I Pengadilan Agama (PA) Rembang tepatnya hari Jum’at, tanggal 1 Mei 2012, telah berlangsung Rapat Dinas yang dihadiri para Hakim, Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan, segenap staf dan seluruh tenaga honor Pengadilan Agama Rembang.

Tepat pukul 08.00 WIB Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Rembang Drs. H. Maskur membuka rapat dinas yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pengadilan Agama Rembang Drs. H. Anis Fuadz, S.H. yang sekaligus memimpin jalannya rapat dinas. Dalam pembukaan sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Rembang menyampaikan rasya syukur kepada Allah Swt, bahwa kita dalam keadaan sehat wal ‘afiat sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, lebih lanjut Ketua Pengadilan Agama Rembang juga menyinggung hasil bedah berkas di Pengadilan Agama Blora yang sekaligus sebagai evaluasi terhadap hukum acara dan administrasi persidangan. Oleh karena itu seluruh aparat peradilan wabil khusus Pengadilan Agama Rembang berangkat dari bedah berkas tanggal 25 Mei 2012 tersebut dituntut untuk memahami bidang tugas masing-masing dengan baik.

Selanjutnya Ketua menghimbau kepada seluruh pegawai agar meningkatkan pelayanan terhadap pencari keadilan dengan memberikan rumus dan mengadopsi pada motto SPBU yaitu setiap orang yang masuk di Pengadilan Agama Rembang merasa nyaman, selalu mendapat 3 S, yaitu senyum, salam dan sapa, imbuhnya.

Memasuki inti rapat Dinas, Ketua meminta kepada :

  1. Wakil Sekretaris dan Wakil Panitera agar meningkatkan etos kerja dengan baik dan benar dan membangun sebuah sinergi agar tugas pokok dapat dijalankan sesuai sasaran;
  2. Kepada Hakim Pengawas bidang agar segera melakukan pengawasan terhadap semua pegawai sesuai dengan bidangnya masing-masing;
  3. Kepada Ketua Panitia PTWP agar segera melakukan konsolidasi dalam rangka menghadapi latih bersama yang akan berlangsung pada tanggal 29 Juni 2012 yang akan datang di Kota Remabng ini;

Mengakhiri sambutannya meminta kepada Wakil Ketua Drs. Abdul Syukur AS., Drs. Sukarno SH. dan Drs. H. Tashin untuk menyampaikan hasil workshop di Hotel Puri Garden Semarang tentang kode etik pedoman perilaku hakim pada khususnya dan prilaku aparat peradilan pada umumnya. (HM).

 

 

 

 

Tarawih Keliling Ramadhan 1433 H

PENGADILAN AGAMA REMBANG MELAKSANAKAN
TARAWIH KELILING (TARLING) BULAN RAMADHAN 1433 H / 2012 M

Dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT serta menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1433 Hijriyah, Lembaga Pendidikan Dan Pengamalan Agama Islam (LP2A) Kabupaten Rembang mengadakan tarawih keliling.  Tempat dan panitia pelaksanaan Tarling ditunjuk secara bergiliran oleh LP2A berdasarkan hasil musyawarah dengan Instansi Pemerintah wilayah Kabupaten Rembang. Seperti tahun kemarin Panitia tarling dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana Pengadilan Agama Rembang masuk kedalam anggota kelompok instansi Kepolisian Resor Rembang, Dindukcapil, PLN, DOLOG, dan PDAM kabupaten Rembang.


Pada tanggal 1 Agustus 2012 tepatnya hari Rabu malam Kamis, Pengadilan Agama Rembang mendapat kepercayaan untuk menjadi koordinator panitia pelaksana tarling. Tarling tersebut dilaksanakan di Musholla Kepolisian Resor Rembang dan berjalan dengan khidmat dan lancar. Tarling tersebut diikuti kurang lebih 200 jamaah yang terdiri dari segenap unsur pimpinan, pegawai, karyawan karyawati dari Kepolisian Resor Rembang, Dindukcapil, PLN, DOLOG, PDAM, dan Pengadilan Agama Rembang serta masyarakat sekitar. Tarling tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang (Bapak H. Hamzah Fathoni, S.H., M.Kn).

Sholat Tarawih dimulai setelah sholat isya’ dilanjutkan dengan sambutan sekaligus penyerahan infaq sebesar Rp. 3.500.000,-(Tiga juta Lima ratus ribu rupiah) diwakili oleh Bapak Drs. Abdul Syukur AS (Wakil Ketua Pengadilan Agama Rembang) selaku penanggung jawab Tarling kepada Ketua LP2A Kabupaten Rembang Bapak Drs. H. Musthofa, M.H. Dan secara pribadi Bapak Kapolres Rembang memberikan tambahan infaq sebesar Rp. 500.000,- (Lima ratus ribu rupiah). Sehingga jumlah keseluruhan infaq sebesar Rp. 4.000.000,- (Empat Juta rupiah). Acara dilanjutkan dengan kultum yang disampaikan oleh Bapak Drs. H. Abdul Wahid Khasbi. Kegiatan selesai sekitar pukul 20.45 WIB.