Home Berita & Artikel

DDTK Implementasi SIADPA Pengadilan Agama se eks Karesidenan Pati

DDTK IMPLEMENTASI SIADPA PEGADILAN AGAMA SE EKS KARESIDENAN PATI          

Tuntutan masyarakat terhadap percepatan penyelesaian perkara dan tersedianya informasi yang cepat dan akurat, maka perlu didukung dengan sistem yang berbasis teknologi informasi. Dilingkungan Peradilan Agama sudah ada sistem yang menjawab dan menangani tuntutan masyarakat tersebut yaitu Sistem Informasi Administrasi Perkara Pengadilan Agama atau disingkat SIADPA. Aplikasi SIADPA digambarkan sebagai otomasi pola Bindalmin yang dirancang sedemikian rupa secara elektronik sehingga memberikan kemudahan dan percepatan dalam proses administrasi perkara. Oleh sebab itulah dalam rangka mengoptimalkan implementasi SIADPA khususnya di Pengadilan Agama se eks karesidenan Pati, diadakan Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) yang bertempat di Pengadilan Agama Rembang pada hari Senin tanggal 18 Maret 2013. Kegiatan tersebut diikuti oleh Para Ketua, Perwakilan Hakim, Panitera/Sekretaris, Wakil Panitera, Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Gugatan, Panitera muda Permohonan, Meja I, Kasir dan Admin dari 5 Pengadilan Agama se eks karesidenan Pati yaitu PA.Pati, PA. Kudus, PA. Jepara, PA. Blora dan PA. Rembang.

         

Pembawa acara pada acara tersebut adalah Wakil Panitera Pengadilan Agama Pati Dra. Hj. Bahiroh. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Rembang Drs. H. jojo Suharjo dan sambutan kedua disampaikan oleh Ketua koordinator Pengadilan Agama se eks karesidenan Pati Drs. H. Wahid Abidin, MH (Ketua Pengadilan Agama Kudus).

Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Drs. H. Wildan Suyuthi M, S.H., M.H. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan DDTK Implementasi SIADPA tersebut merupakan perwujudan pelaksanaan salah satu dari 7 (tujuh) program prioritas Peradilan Agama yaitu Program Penyelesaian Perkara. Adapun 7 program prioritas tersebut yaitu:

1.Program Penyelesaian Perkara;

2.Program Manajemen SDM;

3.Program Pengelolaan Website;

4.Program Pelayanan Publik dan meja Informasi di Pengadilan;

5.Program Implementasi SIADPA;

6.Program Justice for All yang terdiri dari Perkara Prodeo, Sidang Keliling dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum);

7.Pengawasan.

Beliau juga menegaskan bahwa terdapat 3 (tiga aspek) yang harus dimiliki oleh pemimpin yaitu:

1. Konsep

   Seorang pemimpin harus mampu menentukan arah, sasaran, tujuan dan hasil yang akan dicapai.

2. Kelembagaan/ Perangkat Organisasi

   Seorang pemimpin harus mampu mengetahui posisi, tugas dan tanggung jawab dalam struktur organisasi.

3. Leadership

   Seorang Pemimpin harus memiliki jiwa, mental dan sikap kepemimpinan.

“Kesemuanya itu demi mewujudkan reformasi di Peradilan Agama, Reformasi Peradilan Agama adalah perubahan besar dalam paradigma/tata kelola peradilan Agama. Dalam melaksanakan tugas kita jangan melakukannya dengan setengah-setengah atau biasa saja karena kalau kita bekerja biasa-biasa saja maka hasilnya tentu akan biasa saja. Kita harus bekerja luar biasa, dan tentunya hasilnya juga akan luar biasa” demikian ujar Bapak Wildan. Beliau juga menyampaikan tiga hal penting dalam Managemen SDM yaitu Perencanaan yang Matang, Pelaksanaan yang Tepat, dan Pengawasan yang Ketat.

      

Dengan terlaksananya 3 unsur tersebut maka InsyaAllah Managemen SDM Peradilan Agama akan optimal sehingga mampu mewujudkan kinerja yang optimal. Sebelum menutup sambutannya, beliau menegaskan bahwa Bagi aparatur peradilan agama bekerja diniatkan ibadah, maka aparatur peradilan agama adalah PNS+(Plus), disamping bekerja mendapat penghasilan atau uang juga mendapat pahala kebaikan karena menegakkan hukum islam juga ” demikian disampaikan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang dihadapan para peserta DDTK Implementasi SIADPA se eks karesidenan Pati.

 

Setelah menyampaikan sambutannya Bapak Drs. H. Widan Suyuthi M,S.H,M.H. membuka kegiatan DDTK tersebut. Dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh Jasmani, S.H (Hakim PA.Rembang). Selesai do’a dilanjutkan dengan acara inti yaitu DDTK Implementasi SIADPA yang dibawakan oleh  Timnas SIADPA yaitu Drs. H. Rohmat, S.H., M.H. (Hakim PA.Brebes) dan Nurul Huda(Kaur Umum PA.Rembang).

Acara tersebut diikuti secara antusias oleh para peserta dan berlangsung cukup lancar. Acara tersebut selesai pada pukul 16.30 WIB.